Rabu, 04 Februari 2009

PT PAL dan Italia Kerjasama Bangun Korvet TNI AL



The first of class, Commandante Cigala Fulgosi (P490), entered service with the Italian Navy in 2002.

Rl dan Italia sudah dalam tahap finalisasi untuk melengkapi armada TNI AL dengan tambahan dua kapal corvette senila! 400 juta euro (sekitar Rp 5,4 triliun).

Untuk biaya pembuatan kapal itu, Italia setuju untuk memberikan bank guarantee sebesar 85 persen dan sisanya 15 persen oleh RI.

Dua perusahaan Italia akan bekerja sarna dengan PT PAL di Surabaya untuk membangun corvette tersebut. Kedua negara setuju membangun kapal untuk TNI AL itu di Indonesia.

Perusahaan Italia, Orizzonte Sistem Navali, sebagai pembuat kapal fregat yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain, termasuk perusahaan Perancis, akan menyumbangkan pengetahuan, pengalarnan, dan alih teknologi kepada PT PAL.

Sebuah industri elektronika di Bandung akan dilibatkan. Perusahaan-perusahaan Italia akan sepenuhnya melakukan alih teknologinya ke PT PAL yang dipimpin oleh Dr. Ir. Adwin Suryohadiprojo.

Desain yang dibuat tim dari Italia bersama PT PAL akan menjadi hak cipta PT PAL. Rencana pembuatan kapal-kapal itu diperkuat, pekan Ialu, ketika Wakil Menteri Pertahanan Italia Giovanni Lorenzo Forcieri berkunjung ke Indonesia. (*/JL)

Sumber : KOMPAS

1 komentar:

Indonesia Got Talent mengatakan...

Dropping by,..Like your blog..